Sabtu, 06 Desember 2014

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri - Dalam mengemban atau menjalankan sebuah tugas (pekerjaan) memang terkadang membuat kita merasa jenuh. Hal ini bisa dianggap lumrah, pasalnya banyak hal yang membuat seseorang itu ingin berhenti dan keluar (resign) dari pekerjaan tersebut. Siapa sih yang ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan ? pastinya tidak ada bukan. Namun jika itu adalah sebuah keputusan bulat yang telah anda pikirkan secara matang, ya lebih baik melakukannya.
 
Sebelum kita masuk ke contoh surat pengunduran diri, ada baiknya kita ketahui alasan - alasan banyak orang untuk memutuskan mundur dari pekerjaannya adalah :

    1 Rekan kerja dan atasan mempersulit pekerjaan. 


Jika Anda merasa bahwa rekan atau atasan Anda kian mempersulit tugas yang Anda, pastinya Anda akan jengkel. Seandainya hal tersebut tidak berubah, Anda bisa mengundurkan diri dengan baik-baik, dibanding bertahan dengan pekerjaan yang dipersulit.

    2. Lingkungan kerja yang tidak kondusif. 


Pekerjaan yang menumpuk bisa saja menjadi ringan jika Anda memiliki rekan kerja dan kondisi tempat kerja yang kondusif. Jika suasana sudah membuat Anda tidak nyaman, Anda bisa berpikir ulang untuk melanjutkan sisa kontrak kerja.

    3. Jam kerja yang tidak masuk akal. 

 
Memiliki pekerjaan menumpuk dengan batas waktu yang di luar dugaan setiap hari memang bisa menjadi tantangan Anda dalam bekerja. Namun jika hal tersebut berlangsung setiap hari tanpa gaji yang sesuai, Anda patut untuk mengundurkan diri.

    4. Pekerjaan sudah tidak ada tantangan. 


Jika Anda hanya mengerjakan tugas yang berulang dan cenderung membosankan, lebih baik Anda mencari pekerjaan baru. Kebosanan mengerjakan tugas yang itu-itu saja mungkin akan membuat Anda tidak betah dan ingin keluar.

    5. Posisi atau jabatan yang cenderung tidak berubah. 


Sudah bertahun-tahun namun posisi masih tetap sama, kecilnya kesempatan untuk promosi, dan kurangnya kesempatan untuk mengambangkan diri, mungkin bisa menjadi alasan yang tepat untuk mengundurkan diri. Pasalnya, Anda bisa melamar di tempat lain dengan jenjang karier yang lebih profesional.

    6. Sistem dan prosedur perusahaan yang tidak baik. 


Bukan hanya soal tugas, prosedur perusahaan yang tidak baik juga bisa membuat Anda muak. Kebijakan yang tidak sesuai, dan standar gaji yang di bawah rata-rata, bukankah akan merugikan Anda?

Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Indonesia


Jakarta, 1 Oktober 2014

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Sukses Selalu
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Brekele Kele
Departemen: Staff Keuangan
Jabatan: Karyawan
No Karyawan

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Sukses Selalu  tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya sekaligus saya dan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini.

Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Brekele Kele

 
Kemudian ini contoh surat pengunduran diri bahasa indonesia kedua yang juga dapat Anda pergunakan.Jakarta, 1 Oktober 2014

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Sukses Selalu
Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya, Brekele Kele bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sukses Selalu sebagai Marketing Cabinet Export terhitung mulai tanggal 17 Oktober 2014.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Sukses Selalu. Dengan ini pula saya meminta maaf seluruh karyawan dan segenap jajaran manajemen PT. Sukses Selalu apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap, PT. Sukses Selalu terus maju dan berkembang lebih baik.

Hormat saya.

Brekele Kele
 
 
Itulah contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar yang bisa anda gunakan jika anda ingin mengundurkan diri bekerja pada sebuah perusahaan.


EmoticonEmoticon